Tv panasonic mati protek led kedip-kedip


Tv panasonic model TC-21Z88JA seperti pada gambar diatas menggunakan komponen diantaranya:

  1. IC croma TDA 9381 PS/N2
  2. IC power reg STR W6654
  3. IC Vert AN 5539
  4. Hor D2499
  5. FBT.G4GAM3F2.

Problem awal tv ini jika dihidupkan lampu led menyala merah lalu distart mau berubah kehijau, tapi layar belum sempat nyala lampu led kembali ke merah lagi kedip-kedip dari merah kehijau terus, jika dibiarkan agak lama sampai kurang lebih 9-10 kedipan lalu led berwarna merah atau mati standby dan suara tidak keluar. Sebagai perkiraan kerusakan sebelum pemeriksaan, atau dugaan awal:

  • Power reg tidak stabil yang disebabkan ada komponen yang rusak.
  • Tegangan B+ drop / melunjak tinggi.
  • Beban berat.
  • Tidak ada suara speaker putus? atau Ic suara russk?

Pemeriksaan pun dimulai dari power suply dengan mengamati secara visual dulu kalau-kalau kerusakan terlihat secara fisik. komponen tidak menunjukkan adanya kerusakan secara fisik. Langsung ganti saja elco kecil pada reg power suply 33uf/35v lalu pada bagian skunder elco B+ C865: 68uf/160v, Reg 5v yakni C1205: 100uf/16v, Reg 8v yakni C862: 100uf/35v.

Tv coba hidupkan dulu jika problem masih tetap seperti semula cek teg untuk melihat teg B+ 300v pada primer dan B+ 90v pada sekundernya. Hasil test teg posisi start menunjukkan teg 300 v senilai 297 v, ini bisa dibilang normal tapi pada sekundernya hanya senilai 85v saja yang seharusnya 90v dalam keadaan tv start, ini belum oke karena membuat input reg 8v dan 5v kurang menurun sehingga out reg ikut terganggu. Ini yang membuat protek rupanya. Open beban HV juga sama saja , biarkan beban ke HV dalam keadaan Open dulu dan pemeriksaan akhirnya putar balik lagi (dugaan kedua) teg drop.

Lanjutkan kembali lagi ke power bagian sekunder elco C852 dan C857 masing-masing senilai 470uf/35v. ganti tanpa diukur nilainya apa pengaruhnya, setelah diganti tv distart sudah tidak protek dan led tidak berkedip lagi. teg pada B+ 90v dan reg 8 +5v kembali normal lagi.

Sudah keliling kemana-mana malah terlewatkan tapi bisa di maklumi sendiri karena elco yang terlihat masih segar dan bugar nggak tahunya gemblong tho. Ya sudahlah...itu resikonya kalau lagi malas ukur elco satu persatu. Pasang bagian beban yang di open tadi dan tvpun siap dites dan mak byaaaarr !!...layar keluar dari persembunyiannya....hehehe gambarpun sudah nongol normal lagi.

Eiitt...tunggu dulu tapi suara kok masih bisu, cek speakernya ternyata putus dua-duanya kanan-kiri. Ganti speaker keduanya beres sudah masalah. Alhamdulillah..... kelar juga kerjaan ini. Kalau rejeki tak akan kemana.

Posting Komentar

0 Komentar