CARA TRACKING CHANNEL TRANSTV DI SATELIT BARU TELKOM4

Baiklah kali ini NSE ingin membagikan tutorial tentang Cara Tracking Channel TransTV di Satelit baru yaitu Telkom 4 yang berada di posisi 108.2°E. Setelah channel TranTv dan chaanel lainya seperti Trans7, Antv migrasi dari satelit sebelumnya yaitu satelite TELKOM 3S 118.°E tentu saja kita harus mengikutinya dengan cara menTracking parabola kita, supaya tetap bisa menonton lagi acara-acara siaran channel TV tersebut.

Berikut ini ada beberapa tahapan-tahapan untuk cara menTracking parabola ke arah satelit baru TELKOM 4 108.2°E yaitu :

1.       Menghapus Daftar Satelit TELKOM 3S.
2.       Membuat Daftar Satelit Baru.
3.       Move Switch receiver
4.       Tracking Parabola
5.       Scan Otomatis Satelite TELKOM 4 108.2°E

                Lima tahapan di atas akan NSE jelaskan dengan rinci dan detail supaya kalian paham dan bisa mempraktekan sendiri di lapangan. Disini NSE memberikan contoh atau tutorial menggunakan tampilan Receiver jenis Mpeg-2 jadi yang Receivernya Mpeg-4 atau HD bisa menyesuaikan, intinya sama dan untuk LNB NSE menggunakan 2buah LNB. Baiklah mari simak tahapan-tahapan berikut ini.

1.       Menghapus Daftar Satelit TELKOM 3S.
Langkah pertama kita lakukan penghapusan untuk satelit Telkom 3S dari daftar receiver kita supaya transponder maupun nama chanel yang sudak tidak ada sinyalnya alias sudah bermigrasi itu juga ikut terhapus.
Karena kita hanya memakai 2buah LNB maka hanya 2 buah satelit yang akan bisa di tangkap  saluranya yaitu satu LNB untuk Satelit PALAPA D yang satunya lagi untuk satelit baru Telkom 4 yang akan kita tambahkan nanti di daftar satelit jadi untuk satelit Telkom 3S nya kita hapus saja dari daftar satelit receiver kita.
Untuk cara menghapus daftar satelit TELKOM 3S adalah sebagai berikut :
1)      Tekan tombol Menu diremot pilih Pengaturan Program
2)      Pilih Hapus Satelit
3)      Dan setelah form ketiga terbuka pilih Satelit Telkom 3S, untuk menandai tekan tombol OK.
4)      Untuk menghapus tekon tombol EXIT dan akan muncul warning OK/Batal pilih saja OK.
Lihat gambar berikut :
Sampai tahap ini kita sudah berhasil menghapus satelit Telkom 3S.

2.       Membuat Daftar Satelit Baru.
Setelah satelit Telkom 3S terhapus dari daftar satelit maka menu akan langsung kembali ke Form Pengaturan Program. Masih tetap di form Pengaturan Progran dan selanjutnya kita harus membuat daftar satelit baru caranya sebagai berikut :
1)      Masih di menu Pengaturan Program yang masih terbuaka, kita pilih Tambah Satelit

2)      Setelah form Tambah Satelit terbuka, pada baris satelit tekan tombol OK diremot untuk mengganti nama satelit New Sat1 kita ganti namanya menjadi TELKOM 4 dan untuk yang lainya biarkan nilai standart  saja karena nanti masih akan kita lakukan perubahan dibagian/tahap pengaturan antenna.

3)      Setelah selesai mengganti nama satelit untuk menyimpan tekan tombol EXIT diremot akan muncul warning OK/Batal pilih saja OK.
Sampai tahap ini kita sudah selesai membuat satelit baru TELKOM 4.

3.       Move switch Receiver
Setelah dua tahap diatas sudah berhasil dilakukan maka  langkah selanjutnya adalah Move switch Receiver yaitu merubah bagian DiseqC di settingan antena receiver dari nilai LNB1 menjadi LNB2 (untuk satelit palapa) dan sebaliknya untuk satelit TELKOM 4. Jadi kita tidak harus merubah urutan kabel yang ada di Swict LNB di atas parabola sehingga tidak ribet harus membongkar bagian atas parabola.
Baiklah untuk metode/cara Move switch Receiver ikuti langkah-langkah berikut :
1)      Tekan Tombol MENU di remot lalu pilih Pangaturan Program
2)      Pilih Pengaturan Antena
3)      Setelah form Pengaturan antenna terbuka di satelit PALAPA D lakukan perubahan nilai data dibagian 22K dan DiseqC saja.
Rubah Nilai 22k dari mati menjadi hidup dan
Rubah nilai DiseqC dari LNB1 menjadi LNB2.
Catatan : Setelah melakukan perubahan data ini otomatis saluran TV anda menjadi “TIDAK ADA SINYAL” tapi tenang saja nanti kita akan melakukan pembahasan tentang tracking parabola di bagian bawah.

4)      Setelah selesai merubah nilai datanya jangan keluar dulu dari form tersebut.
Sekarang pindah ke pengaturan satelit TELKOM 4 (yang barusan di buat tadi) caranya :
Pindah atau scroll keatas dengan tombol navigasi CH+ diremot sampai ke baris Satelit (gambar no.1) selanjutna tekan tombol V+ diremot untuk pindak ke setingan Satelit TELKOM 4 (gambar no.2).

Setelah sudah pindah ke satelit TELKOM 4 (gambar no.2) disini kita akan melakukan perubahan nilai data dibagian :
Garis bujur Satelit            : 00108 (tidak wajib)
22K                                         : Mati (wajib)
DiseqC                                  : LNB1 (wajib)
Dan hasilnya lihat gambar No.3

                Perlu kalian ketahui, untuk settingan 22K dan DiseqC ini harus berlawanan dengan nilai settingan satelit yang satunya(satelit Palapa D) supaya tidak terjadi bentrok data.
misal :
Satelit Palapa D 22K=Hidup dan DiseqC=LNB2 maka di Satelit TELKOM 4 harus 22K=Mati dan DiseqC=LNB1.
Sampai tahap ini kita sudah selesai melakukan settingan antena Move switch Receiver yaitu perpindahan data dari LNB1 ke LNB2 (Palapa D) dan sebaliknya dari LNB2 ke LNB1 (Telkom4).

4.       Tracking Parabola
                Tracking parabola yaitu menggeser arah parabola atau mencari arah satelit untuk mendapatkan saluran/sinyal pada channel TV.
Setelah langkah 1-3 sudah berhasil dilakukan(settingan Receiver) selanjutnya kita lakukan dengan menTracking parabola untuk mendapatkan saluran/sinyal di satelit yang baru Telkom 4.
              Karena disatelite yang baru kita tambahkan transpondernya masih kosong belum ada daftar channelnya maka yang akan kita buat acuan untuk tracking yaitu dari channel TV yan ada di satelit Palapa D saja supaya mudah karena sudah ada data transpondernya.
Berikut langkah-langkah tracking parabola untuk mencari sinyal pada channel TV.
1)      Pilih salah satu saluran TV saya ambil contoh INDOSIAR (Palapa D).
2)      Tekan tombol INFO di remot, untuk mengetahui kualitas sinyal dan akan tampil seperti gambar di bawah ini.

3)      Sebelum kalian melakukan tracking parabola sebaiknya pahami dulu arah mata angin di tempat kalian, supaya nanti tidak salah arah untuk melakukan tracking parabolanya. Lihat gambar berikut.
4)      Selanjutnya kita mulai untuk melakukan tracking pada parabola sambil mengamati level grafik Kualitas Sinyal dilayar TV anda.

5)      Untuk tracking parabolanya kita cukup menggeser arah parabola ke barat (gambar No1) dikit demi sedikit (kalem) sampai muncul tanda-tanda sinyal di level grafiknya, supaya bisa menggeser arah parabola jangan lupa untuk melonggarkan dulu baut penyangga parabola (gambar No.2)
Disini mendapat kualitas sinyal 68%

6)      Setelah menemukan kualitas sinyal indosiar di level tertinggi yaitu disini 68% untuk sementara sinyal kita lock di level 68% artinya kita kunci parabolanya di posisi tersebut, setelah selesai mengunci parabola tekan tombol EXIT diremot untuk keluar dari menu INFO.

5.       Scan Otomatis TELKOM 4
Untuk melakukan scan otomatis satelit TELKOM 4 caranya adalah sebagai berikut :
1)      Tekan tombol MENU lalu pilih Pengaturan Program
2)      Setelah form Pengaturam Program terbuka pilih Scan Otomatis
3)      Pilih satelit TELKOM 4 dengan cara menekan tombol V+ diremot
4)      Selanjutnya geser ke bawah di kolom SEMUA (lihat gambar no.4) lalu tekan tombol OK di remot
5)      Tunggu sampai proses Scanning selesai (gambar no.5)
6)      Setelah proses scan selesai tampilan akan berubah seperti pada gambar No.6
Naah channel Antv di satelit TELKOM 4 sudah nongol duluan.
7)      Selanjutna untuk keluar dari form tekan tombol EXIT diremot berulang-ulang sampai dilayar TV anda bersih dari tampilan form seperti gambar berikut ini.
8)      Selanjutnya kita lihat daftar channel TV yang baru hasil dari Scan Otomatis TELKOM 4 tadi, biasanya berada di nomor-nomor urutan terkhir dari daftar channel TV di receiver kalian. Disini NSE menemukan 8 nama chanel TV saluran baru yaitu dari Temanggung TV sampai ANTV, seperti gambar berikut ini.
9)      Selesai.

Nah itulah penjelasan dari NSE tentang tutorial atau Cara Tracking Channel TransTV Di Satelit Baru Telkom  4.
Sekian dan terimakasih sudah berkunjung di blog NSE, Semoga tutorial ini bermafaat dan bisa membatu kalian untuk melakukan tracking di satelit Telkom 4 108.2°E. Salam Sukses selalu…..

Posting Komentar

0 Komentar