CARA SCAN OTOMATIS RECIEVER PARABOLA

Scan otomatis receiver yaitu untuk mencari saluran TP (transponder) baru ketika salah satu atau beberapa channel stasiun TV  mengalami perubahan/perpindahan data transponder maupun frequency maka pada decoder reciever parabola harus dilakukan scan otomatis supaya bisa tetap mendapatkan siaran/tayangan stasiun TV tersebut.

Baiklah kali ini NSE akan memberikan tutorial Cara scan otomatis reciever parabola, sebagi contoh NSE menggunakan receiver merek MATRIX Burger HD-PVR, pada dasarnya cara di semua merek receiver itu sama saja biasanya hanya di bagian tata letak menu-menu fitur dan penggunaan bahasanya yang berbeda.

MATRIX BURGER HD PVR

Langsung saja, langkah awal untuk Cara scan otomatis receiver adalah sebagai berikut :

  1. Hidupkan TV dan Receiver parabola kalian.
  2. Setelah semuanya sudah menyala silahkan tekan tombol "MENU" diremot atau bisa juga menggunakan tombol menu di panel receiver, tetapi kalu NSE lebih mudah menggunakan remot saja. 
  3. Setelah fitur-fitur menu sudah tampil kemudian pilih fitur menu "Instalasi" (geser kebawah instalasi di urutan ke-2).
  4. Silahkan tekan tombol "OK/LIST" di remot maka akan keluar dari daftar satelite seperti gambar berikut.
  5. Dari keterangan gambar (No.4) diatas ada beberapa keterangan warna tombol yang perlu diketahui yaitu Merah (Tambah satelite) , Hijau (Ubah satelite) , Kuning (Hapus satelite) dan Biru (Cari transponder satelite). Silahkan pilih warna "Biru" (Cari) untuk mencari transponder/saluran baru degan cara tekan tombol "BIRU" diremote.
  6. Maka akan keluar tampilan Cari Satelite seperti gambar berikut.
  7. Di sini NSE ambil contoh men-scan otomatis satelite PALAPA D 113.0E. Silahkan samakan settingannya seperti tabel berikut :
    Setting Data
    Tipe pencarian Cari Satelite Tunggal (Hanya scan otomatis satu satelite saja)
    Satelite PALAPA D (Satelite yang dipilih)
    Hanya FTA Tidak
    Cari Siaran TV + Radio (Jenis Saluran)
    Cari Jaringan Tidak
    Mode Pencarian Pencarian Buta
    Cari ------- Mulai Scan OTO -------

  8. Jika settingan data sudah selesai, silahkan geser ke bawah blok warna kuning ke baris "Cari" lalu teko tombol "OK/LIST" di remot.
  9. Proses scanning sedang berjalan, tunggu sampai selesai 100%.
  10. Jika proses scanning sudah selesai silahkan tekan tombol "OK/LIST" diremot untuk mengkonfirmasi pada tampilan PopUp di layar.
  11. Sampai disini untuk cara Scan otomatis Receiver sudah selesai. Silahkan lihat hasilnya dari daftar list receiver kalian, biasanya channel yang baru berada diposisi nomor-nomor terakhir.
  12. SELESAI.

Demikian untuk Cara scan otomatis receiver parabola semoga bermanfaat untuk rekan-rekan semua, terimakasih.

    Posting Komentar

    0 Komentar