Panduan Cara Memasang Modul Power Supply Universal (GACUN)


Modul power supply universal (GACUN) adalah rangkaian 3 kabel, dengan koneksi sederhana dan sirkuit diagram, itu menimbulkan anti disturbance dan perlindungan atas tegangan, tegangan lebih, koneksi short cut dan kesalahan. Sangat sederhana, instalasi cepat, kerja yang stabil dan dapat diandalkan. Ini adalah kenyamanan besar untuk penggantian dan pengembangan produksi.

Power supply universal ini cocok untuk memperbaiki dan menghasilkan power supply switching untuk 34" dan dibawah 34" TV, monitor, VCD, DVD, DVB, mesin Fax.

Cara instalasi (pemasangan) pada TV :

  1. Bongkar atau copot Transistor/FET utama, pasang modul gacun dan isolator dalam head sink (pendingin).
  2. Kabel MERAH dihubungkan ke pad penyolderan pin C pada switching transistor (untuk FET pin D, Transistor pin C).
    Gambar. 1
  3. Kabel HITAM dihubungkan ke GROUND utama dari TV atau solder pada pin transistor switching (untuk Transistor pin E, FET pin S). Pin E negatif dari kapasitor 300V filter. Untuk koneksi seri dan beralih ke modul power supply universal/gacun lihat gambar berkut:
    Gambar. 2
      Gambar. 2 kabel Hitam dihubungkan ke pad penyoderan pin E pada transistor switching dalam rangkaian PCB yaitu hot ground.
  4. Melepaskan beban horizontal dan menghubungkan bola lampu 100Wtt, lalu hidupkan TV. Menyelaraskan volume pada modul untuk mendapatkan tegangan output yang diperlukan dan output berliku lainyan secara otomatis mencapai nilai kebutuhan. Melepaskan beban horisontal dan menghubungkan bola lampu 100W, lalu hidupkan TV. menyelaraskan volume pada modul untuk mendapatkan tegangan output yang diperlukan dan keluaran gulungan lainnya secara otomatis mencapai nilai permintaan. Modul ini telah diatur untuk tegangan mini di pabrik, tegangan mini mungkin berbeda dari berbagai tv. Sebagai contoh, jika dipasang di tv tegangan awal yang diuji adalah 30v-90v, monitor 20v-50v, VCD / DVD adalah 3v-8v, ini normal. Tegangan output naik dengan penyelarasan searah jarum jam, turun dengan penyelarasan berlawanan arah jarum jam.
  5. Kabel BIRU adalah kabel off remot kontrol, yang akan me-matikan output jika dihubungkan ke hot ground. Jika tv asli adalah optocoupler kekuatan kabel biru adalah untuk dihubungkan ke pin C optocoupler, pin E optocoupler hubungkan ke hot ground, semua koneksi lainya pada pin C dari optocoupler harus diputuskan. Tetapi matikan unit kontrol harus dipertahankan. Jika sebuah TV terpasang dua optocoupler, pin C dan E pada dua optocoupler harus terhubung pararel. Untuk seri, koneksi modul power supply terpasang transistor siaga untuk mematikan TV, kabel biru dihubungkan ke pin C dari transistor siaga dan komponen lainya terputus terhubung ke pin C.
  6. Kabel BIRU juga bekerja sebagai kawat tegangan penyelaras yang tepat.
  7. Jika ada kebisingan, gangguan setelah modul diinstal, pertama terputus komponen lain pada pin C dari switching transistor  dan sirkuit menyerap pararel terhubung - R1(22ohm - 47ohm/3-5W) dan (470pf-1000pf/1KV-2KV) lihat gambar 2, pada sisi primer transformator switching.
  8. Jika modul tidak dapat bekerja, tegangan yang tidak biasa atau auto dilindungi silahkan periksa dioda penyearah primer dan sekunder, kapasitor filter. Sebagai contoh jika kabel biru terhubung, harus diputuskan untuk memeriksa apakah awal non disebabkan oleh power dari rangkaian remote kontrol bekerja atau rusak.
  9. Jika TV asli dipasang rangkaian seperti STR6309 dan tegangan utama sangat turun saat menutup dan suplai tegangan ke CPU bekerja, perlu untuk setup sirkuit listrik tambahan pasokan ke CPU. Selain itu, jika TV terpasang power supply khusus yang tidak cocok digunakan untuk instalasi modul ini secara langsung. Hal ini dimungkinkan untuk menginstal modul ini pada produk listrik lainya dan menginstal produk ini ke TV. Tapi modul harus disesuaikan dengan tegangan terendah sebelum instalasi untuk menghindari merusak komponen tegangan tinggi, bila diterapkan modul ini ke produk lain.
  10. Jika TV tidak dapat di hidupkan setelah power off, silahkan periksa matikan rangkaian, apakah komponen bekerja dengan baik. Jika daya mematikan sirkuit bekerja dengan baik, silahkan sambungkan salah satu resistor 4.7k 10W - 8.2k 5w antara B+ dan Ground. Gacun.
Sekian terimakasih

Sumber : Dikutip dari brossur power supply universal/Gacun

Posting Komentar

1 Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sesuai topik, terimakasih.