Cara memperbaiki digital receiver MATTOT (mati total)

MATTOT (mati total) yang artinya sudah tidak ada tanda - tanda kehidupan, seperti pasien NSE kali ini. NSE hari ini dapet pasien digital receiver mpeg2 yang mattot, lampu LED indikator tak menyala apa lagi output audio video nya tak keluar suara/gambar di tv. Nah untuk cara memperbaikinya sobat ikuti langkah - langkah berikut ini:

Langkah awal kita buka dulu tutup digital receivernya, setelah terbuka di dalam receiver terlihat ada tiga buah board (PCB) yaitu Power supply, Empect dan Pannel display. Yang wajib kita periksa dulu adalah di bagian board Power supply. Perlu di ketahui power supply sendiri dibagi dua buah rangkaian yaitu rangkaian Primer dan Skunder.

Rangkaian primer yang berhubungan langsung dengan sumber tegangan listrik PLN, rangkaian skunder tegangan output dari power supply itu sendiri. Periksa pada semua komponen apakah ada komponen yang terbakar atau tidak, jika tidak ikuti langkah-langkah berikut:

  • Hidupkan digital receiver kemudian ukur tegangan skundernya menggunakan avo meter pada pin soket kabel output 3.3V, 15V, 20V apakah ada tegangan atau tidak. Dan hasil pengukuran NSE di semua titik pin out adalah 0 V tidak ada sumber tegangan sama sekali.
  • Langkah kedua kita beralih ke bagian rangkaian primer power supply, ukur tegangan pada kaki Capasitor elko 10uf/450V (hati-hati tengan tinggi -/+ 300V). Hasil pengukuran NSE terdapat tegangan 302V. Nah jika pada capasitor ini terdapat tegangan normal -/+300V maka ada kemungkinan resistor startter-nya putus yaitu Resistor 2.2 Mega ohm. 
  • Lepas resistor tersebut lalu ukur dengan avometer, biasanya resistor ini mengalami perubahan pada nilai resistensinya, pengaukuran NSE terdapat 38Mega ohm padahal nilai aslinya cuma 2.2M mleset jauh bukan?
  • Ganti resistor tersebut kemudian coba colokan jack AC-nya ke stop kontak lalu cek tegangan di bagian rangkaian sekundernyan (3.3V, 15V, 20V) apakah sudah ada steganganyan atau belum?
  • All hasil semua teganga output-nya (3.3V, 15V, 20V) sudah normal dan digital receiver-nyapun sudah bisa hidup kembali.

Kesimpulan dari kerusakan digital receiver diatas adalah kerusakan pada RESISTOR Startter R 2.2M mengalami perubahan nilai resistensinya sehingga rangkaian switching tidak bisa bekerja.

Sekian terima kasih semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi sobat NSE semua.

Posting Komentar

0 Komentar