POLYTRON MX 5201E GAMBAR/LAYAR KURANG LEBAR ATAS BAWAH ATAU MENYEMPIT

Halo sobat NSE terkadang apa yang kita anggap gampang itu belum tentu sesuai dengan apa yang kita fikirkan, terkadang hal-hal yang sepele membuat kita kerepotan. Maka di dalam dunia elektronik khususnya servis sangat di perlukan sebuah kesabaran, jeli, teliti dan telaten tentunya.

Seperti kasus tv Polytron MX 5201E ini problem atau kerusakannya  kurang lebar di bagian atas dan bawah pada layar, pertama kali yang muncul di fikiran atau asumsi kita jelas kerusakan seperti ini pada rangkaian vertikal sehingga kita haya tertuju dan fokus pada rangkain driver vertikalnya. Dan hasilnya apa? Semua sudah di lakukan pengukuran-pengukuran pada komponen dan tegangan vertikal teryata masih belum menemukan hasil, sampai harus membuka menu factory nilai V.Amp di naikkan pun belum berhasil hanya ada perubahan lebar layar skitar 1cm saja. Mungkin kita tak menyadari bahwa sebelum rangkaian driver vertikal masih ada rangkain osc vertikal yang berada di dalam ic CPU (R2J10172HA) rangkaian ini yang berfungsi mengatur dan mengontrol kinerja daripada rangkaian vertikal tersebul.

Setelah melakukan pengamatan dan pemahaman pada rangkain-rangkaian vertikal dari V.osc sampai V.out, kerusakan tv Polytron MX 5201E dengan kasus seperti di atas disebabkan karena adanya perubahan nilai pada sebuah kapasitor bias C401 (0.1uF/50v) di rangkaian V.osc.

Jika kapasitor ini mengalami perubahan nilainya maka semakin besar nilai kapasitas perubahanya akan semakin menyempit pada tampilan layar dan begitu juga sebaliknya.

Spesifikasi POLYTRON MX 5201E Minimax HyperBand:

  • CPU       :  R2J10172HA-A00FP
  • Epprom  :  24C16 (Firmware download)
  • IC Vert.  : LA78040B
  • TR H.     : MD1803
  • Flyback  : -
  • Reg.       :  FQPF 7N65C
  • Amp.     :  UTC2003
  • Tuner     : TAEA-G020D(P)

Kesimpulan dari kerusakan tv Polytron MX 5201E di atas adalah C401 (0.1uF/50v) mengalami perubahan nilai kapasitasnya, silahkan langsung ganti dengan kapasitor atau elko yang baru sesuai ukuran jika sobat NSE mengalami hal yang sama.

Perlu di ingat sobat, mungkin bentuk kerusakannya sama tetapi belum tentu cara penanganan atau tata letak kerusakannya juga sama seperti contah di atas. Yang perlu sobat lakukan adalah pahami terlebih dahulu jenis kerusakan dan cara kerja daripada sebuah rangkain tersebut.

Terimakasih semoga artikel ini bisa membantu atau menambah wawasan sobat NSE semua di mana saja berada. Salam sukses selalu, trims.

Posting Komentar

0 Komentar