TV LED POLYTRON PLM 32B21 GAMBAR BLANK SUARA NORMAL


TV LED Polytron PLM 32B21 dengan jenis kerusakan tidak ada gambar atau blank hitam tetapi suara masih hidup normal. Tak perlu panjang lebar kali ini saya akan memperbaiki tv polytron PLM 32B21 dengan kerusakan layar blank (tidak ada tampilan).

Pertama periksa atau ukur sumber tegangan di bagian mainboard. Hasil pengukuran saya di pin 5v, 12v normal tidak ada masalah kemudian beralih ke backlight (normal masih nyala) lanjut ke blok T-con yang berhubungan langsung ke panel LED TV, ukur tegangan pada test point satu persatu seperti V-in, Avdd, Vdd, Vgh/Vone, Vgl/Voffe dsb.

Board

Setelah melakukan pengukuran di semua test point t-con saya mendapati sumber tegangan awal B+ (V-IN 12V) mengalami penurun atau drop skitar 9V saja, sehingga tegangan output di rangakaian DC converter-nyapun juga ikut drop. Selanjutnya beralih ke bagian mainboard, cabut/lepas konektor LVDS di mainboard dan ukur tegangan pada pin (no.1) VDD sampai disini juga masih drop di 9V. Kemudian saya periksa rangkain MAIN POWER Switch. Ukur tegangan pada kaki MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor) di pin G-D-S pertama ukur di kaki S (Source/sumber) disini normal 12V lanjut ke kaki G (Gate/gerbang) terukur = 0V (normal). Kenapa 0V saya bilang normal?Karena MOSFET jenis N-Channel akan menghubungkan terminal S (source) ke D (drain) jika ketika nilai tegangan pada G (gate) nya sama dengan nol.

Dimana MOSFET bekerja secara elektonik memvariasikan sepanjang jalur pembawa muatan (electron atau hole). Muatan listrik masuk melalui saluran pada S (Source) dan keluar melalui D (Drain) dan lebar saluran di kendalikan oleh tegangan pada electrode yang di sebut dengan Gate atau gerbang yang terletak antara Source dan Drain.

Lanjut pengukuran ke kaki D (drain)  terukur = 9V (tidak normal) seharusnya tegangan di pin D (drain) ini sama dengan tegangan di S (source) yaitu 12V. Jika tegangan pada pin G dan S normal  dan tegangan di output D drop 9V maka saya simpulkan MOSFET dalam keadaan rusak atau tidak bekerja maksimal.

Langsung saja kita lakukan penggantian pada mosfet tersebut dengan yang baru atau bekas yang penting masih normal dan bagus. Setelah selesai penggantian mosfet lalu kita ukur lagi pada pin G-D-S dan pin VDD no.1 pada soket/konektor LVDS. Hasil pengukuran saya G=0V, D=12V, S=12V, VDD=12V (tegangan sudah NORMAL). Kemudian kita coba kabel LVDS-nya yang tadi kita lepas di hubungkan kembali dan coba nyalakan TV lihat hasilnya apakah TV sudah tidak blank lagi?

Mak nyusss... alhamdulillah TV sudah bisa mengeluarkan gambar dengan jelas and wordking... wordking....! siap untuk di test 6jam muda-mudahan aman tidak ada masalah lain. Terimakasih dan salam wordking selalu.

Posting Komentar

0 Komentar