TV SHARP TIDAK BISA START/ON (Type 21AF25 NEW GAMMA)

Hallo sobat NSE kali ini saya akan membagikan sebuah pengalaman tentang kerusakan pada TV SHARP Type 21AF12 New Gamma dengan permasalahan tv tidak bisa start atau tidak mau on, lampu led indikatornya pun tidak menyala sama sekali. Model TVnya seperti gambar dibawah ini sob:


Coba di tekan-tekan tombol pada pannel Ch-/CH+ juga tidak mau menyala. Normalnya, pada tv sharp jenis ini pertama kali di hidupkan lampu led indikatornya nyala redup (start awal) terus menyala terang (on).

Kasus ini beda dengan permasalahan protect ya sob, kalau tv terproteksi umumnya tv start duluan baru system proteksinya akan bekerja apabila salah satu rangakaian atau sumber tengangan ada yang tidak normal. Tapi kali ini terlepas dari proteksi, karena start awalnya saja tv tidak bisa ON gimana mau protect???

Baiklah tak perlu panjang lebar, pertama saya melakukan pengukuran tegangan pada test point utama yaitu:

Tegangan yang harus terpenuhi sebelum TV start/on.

  • B+ 130V (terukur normal)
  • B+ 15V (terukur normal)
  • Kaki Emitor Q801 = 8.7V (terukur normal). Q801 adalah regulator sumber tegangan utama untuk IC MCU IXB725WJN1.
  • Kaki Emitor Q753 = 5V (terukur normal). Q753 adalah sumber tegangan 5V untuk IC Eeprom dan MCU IXB725WJN1.

Hasil pengukuran pada test point di atas semua tegangan terukur normal-normal saja. Teruuuss.... kalau sumber tegangan utamanya normal kenapa tv tidak bisa start/on...??? Saya menyimpulkan ini adalah kerusakan pada data eeprom dan saya coba melakukan flashing pada IC eeprom 24C08 saya mencurigai adanya korupsi data pada IC ini (bukan korupsi yang sebenarnya). All hasil setelah dilakukan flashing hasilnya masih sama saja alias nihil....!

Selanjutnya saya lakukan pengukuran pada IC Eeprom pin5 (SDA), pin6 (SCL) dan pin8 (VDD). Hasil pengukuran saya adalah

  • Pin5(SDA) = 1.8V (down)
  • Pin6(SCL) = 4.8V (normal)
  • Pin8(VDD) = 5V (normal)

Sampai di sini saya kira sudah mulai ada titik terang, dilihat dari hasil pengukuran tegangan pada SDA dan SCL ada ketimpangan atau ketidak seimbangan tegangan antara SDA dan SCL sehingga mempengaruhi data yang di hasilkan dari IC eeprom ke IC processor atau sebaliknya.

Mencari penyebab tengangan SDA/SCL Drop/down:

Jalur SDA/SCL dari IC Eeprom ini menghubungkan ke tiga rangkaian komponen utama yaitu IC processor(IXB725WJN1), Sound Controller(IC3502 R2S15903) dan Tuner. Pertama saya coba cut/potong jalur SDA dan SCL yang menuju Sound Controller bisa juga dengan cara melepas jumper(J154 dan J106). 

Setelah jumper dilepas saya coba nyalakan tv, hasilnya tv bisa start/on dan lampu led sudah bisa menyala. Kemudian saya kembalikan jumper disambung lagi, hidupkan tv dan tv kembali terdiam tidak mau start. Jadi kerusakanya adalah pada rangkaian sound controllernya.

Setelah saya ukur pada jalur SDA dan SCL yang menuju ke IC controller saya mendapati sebuah dioda zener yang short yaitu D3501 dan akhirnya saya lepas dioda tersebut langsung saya ganti yang baru. Akhirnya TV sekarang sudah bisa start/on dengan normal. Sekian terimakasih....! 

Posting Komentar

0 Komentar